Laman

Saturday, April 5, 2014

Selamat Datang Destroyer Marshal Shaposhnikov Pesanan TNI AL

File: RFNMarshalShaposhnikov.jpg

Komodo Multilateral Naval Exercises (MNEK 2014) dari 17 negara yang menarik untuk dekat di perairan Indonesia telah sangat berguna untuk Rusia , Mikhail Galuzin, utusan negara untuk Indonesia mengatakan kepada RIA Novosti, Rabu.


"Latihan ini tidak hanya memungkinkan Rusia untuk berlatih kerja sama dengan peserta lain, tetapi, sama pentingnya, memberikan kontribusi terhadap saling pengertian yang lebih baik antara pelaut dari berbagai negara," kata Galuzin.

File:RIAN archive 184598 The large submarine chaser Admiral Shaposhnikov.jpg

Rusia membawa skuadron terbesar dari kapal angkatan laut untuk latihan, termasuk Marsekal Shaposhnikov, Irkut tanker dan kapal layanan Alatau. Marsekal Shaposhnikov merupakan destroyer Rusia dari Udaloy Class yang merupakan pesanan TNI AL yang pengirimannya bersamaan dengan acara MNEK 2014 di Natuna. Lompatan besar dari TNI AL, mengingat luasan perairan Indonesia yang perlu dijaga dari ancaman-ancaman asing.

"Hal ini menunjukkan minat khusus Rusia di pertanyaan mengenai pengembangan kerjasama multilateral di Pacific Rim, yang ditujukan untuk promosi keamanan dan stabilitas di kawasan itu, "kata Galuzin.

Peluncur rudal anti-kapal selam
Marsekal Shaposhnikov . Foto dari 4.bp.blogspot.com

Marsekal Shaposhnikov adalah Proyek 1155 kapal ASW besar. 

 

REGISTRATION

Armada Pasifik 

KONSTRUKSI, NAME

Kapal itu ditetapkan pada tahun 1983 di Yantar Shipyard di Kaliningrad; diluncurkan pada bulan Januari 1985; ditugaskan pada tanggal 15 Februari 1986. 

MILESTONE

Pada tahun 1987 kapal mengunjungi pelabuhan Mozambik, India, Angola dan Seychelles. Pada 1988-1989 itu ditempatkan di Teluk Persia. Pada tahun 1990 kapal disebut kunjungan ke pelabuhan Korea Utara, dievakuasi warga Soviet dari Ethiopia. Pada 1993-1994 di berada di bawah perbaikan lengkap di Dalzavod . Shipyard di Vladivostok Pada tahun 1994 itu mengunjungi Kepulauan Hawaii; pada tahun 2006 -. Guam Pada bulan September 2008 terjadi kebakaran di atas kapal selama latihan di Laut Jepang. Dua pelaut tewas. 

KARAKTERISTIK DASAR

Kecepatan: 29,5 knot, jelajah - 14 knot 
Endurance: 30 hari 
Kru: 220 orang 
Total perpindahan: 7.480 ton 
perpindahan Standar: 6.840 ton 
Panjang: 163 meter 
Beam: 19 meter 
Draft: 7,8 meter 


PROPULSION

2 shaft, 4 turbin gas, 61.000 shp (2 x 8.000 shp turbin gas cruise dan 2 x 22.500 turbin gas meningkatkan shp GTU M-8KF ) 

PERSENJATAAN

Peluncur 2 x 4-wadah Rastrub sistem roket torpedo 
6-26 tambang 
Kinzhal SAM peluncur (64 rudal) 
1 ditambah 100-mm AK-100 gun gunung 
4 x 6 laras 30-mm senapan mesin AK-630M 
RBU-6000 melawan kapal selam roket peluncur 
Ka-27 helikopter. 

Dengan kedatangan destroyer ini diharapkan meminimalkan pelanggaran-pelanggaran perairan nusantara dari kapal-kapal asing terutama dari Australia, Amerika Serikat dan China. Selamat Datang Bung!

Sumber: MiliterNKRI

23 comments:

  1. Berita yang salah nih......................

    ReplyDelete
  2. Informasi yang menyesatkan sepertinya, tidak ada statement pembelian kapal ini, please cek di web.................

    ReplyDelete
    Replies
    1. impormasi yg sangat membingungkan..mana yg bener nih mas..??

      Delete
  3. Kalo menurut saya hal itu bukanlah tdk mungkin, mengingat TNI AL jg "berencana" utk memperkuat armada yg dimilikinya dgn membeli destroyer. Mungkin inilah jawabannya.

    Dan krn Indonesia tdk ingin membuat kawasan geger, oleh krn itu "delivery" nya memanfaatkan saat MNEK kemarin. Dengan alasan mengikuti MNEK, Rusia membawa 3 kapal perang seperti yg tertulis di artikel di atas, sedangkan pd saat plg hanya 2. Trus yg satunya dikemanain?

    ReplyDelete
  4. Mengingat kita pernah kecele' soal pembelian Kasel KILO dan SU 35,,, yang ternyata baru wacana,,, yang ini tentu sama juga,,, gak mungkinlah para petinggi kita berani menentang bos AS ,,, hmmmm ,,, manuver politik apalagi nih ???

    ReplyDelete
  5. Salah......pemerintah RI malah terbalik.....koar2 dulu.....nextnya "banyak alasan" yah tidak cocoklah, tidak memenuhi spesifikasi lah, uangnya ngak ada dll "

    ReplyDelete
  6. Benar Dong. Alutsista strategis harus di sembunyikan keberadaannya agar lawan tidak bisa mengantisipasi. Kalau masalah transparansi kan sudah ada UU yaitu rahasia negera itu menyangkut alutsista strategis. Kita juga punya MOu dengan Jerman, inggris dan RUsia masalah pembelian alutsista strategis.

    ReplyDelete
  7. yang bener nih......PHP doank kali............

    ReplyDelete
  8. Kalo pun benar' knp mesti kapal ini? Dulu ada kabar tni tertarik dgn bremen class yg mo dipensiunin. Trus ngintip2 talwar class. Blm lg type 23 nya inggris ato oliver hazard perry. Kapal ini gak pernah kedengeran sblm nya

    ReplyDelete
  9. Udaloy class itu kapal destroyer Rusia di era Cold War yg seangkatan Sovremenny Class cruiser.......
    tapi ini gak betul deh -_-

    ReplyDelete
  10. ada yang tidak waras lagi ni?

    ReplyDelete
  11. Mimpi lo punya destroyer segede ini ahahahah

    ReplyDelete
  12. akhir2 ini banyak artikel2 alutsista tni yang fantastis hoax nya, ....gejala2 apa ya ?

    ReplyDelete
  13. mana bukti foto "serah terima"/" selamat datang di jajaran tni-al "/pengukuhan nama KRI....... ???
    jangan bwt artikel "kacangan", tdk bermutu dan menyesatkan, sebab kami cinta TNI & NKRI !

    ReplyDelete
  14. ini mah benran,jngn asal bilang hoax,soalnya kapal ini gak boleh di publikasikan

    ReplyDelete
  15. eh adolf hitler asal ngomong bullshit aja lo nantang klahi,emang lo tau apa tentang militer,saya ini keluarga besar militer jadi kalo rahasia militer saya tau lh

    ReplyDelete
  16. bermimpilah karna banyak kesuksesan yang berawal dari mimpi,klo indonesia punya 3 destroyer dan 15 KS canggiuh betapa bangganya kami kepada negara ini

    ReplyDelete
  17. klo kilo yg datang ke surabaya trs tdk boleh difoto n dijaga ketat ampe bs dipake AL buat latihan itu bulshit juga apa emang sdh dibeli ya? brg blm dibeli kok sdh bs dipake latihan tuh gmn critanya

    ReplyDelete
  18. kapal siluman.belum lagi rudal yang tersembunyi di gua gunung.dan siap diluncurkan secara vertikal mengikuti batas jarak daratan tanah dan laut dengan ketinggian tertentu.

    ReplyDelete